Situ Cikaret, Wisata Alternatif Cibinong

Juli 17, 2007 pukul 2:23 pm | Ditulis dalam Goresan Cerita | 19 Komentar

Pandangan Mata ini begitu bebas menelusuri sisi-sisi danau yang menghampar. Menekuni aktifitas para pemancing, penjala ikan hingga pemburu kerang. Kelegaan yang mungkin jarang didapatkan ditengah kepadatan kota, bahkan dalam mobil ber-AC sekalipun. Jalan raya di sisi danau (orang menyebutnya situ) menjadi mozaik yang unik dan menarik. Tidak kalah dengan obyek-obyek sejenis di kawasan wisata daerah lain. Belum lagi perasaan nikmat “menghajar” kelapa muda ditengah teriknya matahari, didepan menghampar pemandangan situ yang hening.

Situ Cikaret memang memberikan alternatif wisata ringan bagi warga Cibinong dan sekitarnya. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat pemerintahan kabupaten menjadi tempat persinggahan bagi mereka yang sekedar menghabiskan siang ataupun para pelintas untuk beristirahat. Terletak kurang lebih 700 meter arah utara kantor Bupati Bogor, situ Cikaret memang menggoda para pelintas untuk singgah

 

“Lumayan…ngadem dulu sambil nyari kelapa muda mas”. Tutur Andri, seorang pelintas yang singgah

 

Bagi Andri dan pelintas lainnya, keberadaan situ Cikaret telah memberikan kesempatan untuk beristirahat. Apalagi karakter lingkungannya serasa ada di pantai…Pantai..??? sudah pasti tidak ada di Bogor

 

“Saya sengaja mampir kesini jika ada tugas ke Jakarta”. Sambung Asep kurir sebuah kantor di Bogor

 

Situ Cikaret telah diketahui keberadaannya sejak tahun 1816. Awalnya wilayah ini dikenal dengan hutan karetnya. Bahkan masyarakat setempat memiliki mitos adanya penunggu situ yang berwujud Buaya siluman. Meski mitos itu pada akhirnya hilang seiring “modernisasi” kawasan tersebut. Kini dengan adanya jalan raya dan gedung kantor Bina Marga (PU) di pinggirnya, situ Cikaret menjadi ramai dihari libur dan jam-jam siang setiap harinya., bahkan malam.

 

Malam-pun juga ada yang datang…apalagi malam minggu, banyak yang kesini’. Ujar Thoyyib salah satu pedagang

Saat ini memang banyak pedagang yang mulai membuka lapak dipinggiran situ. Termasuk adanya jasa sewa perahu. Keberadaan sewa perahu ini banyak dimanfaatkan pengunjung pada hari libur dengan Rp 3000 sekali putar. Dengan luas area 25 hektar, tampaknya situ Cikaret ini potensial sebagai tempat besantai, memancing maupun rekreasi air disamping fungsi alaminya sebagai resapan air. Ingin liburan bersama keluarga yang murah..? datang saja ke kawasan ini(*Ao)

 

About these ads

19 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Hola Anggit! senang sekali saya membaca blogmu. Teruslah berkarya. Blogmu nanti aku link di situsku ya?

  2. Tapi kenapa ya sekarang banyak banget jablay? eh tapi emank dari dulu kali yee?

  3. Mau tanya, nih? Kalau dari Jakarta ke Situ Cikaret lewat jalur mana ya? Atau ada kendaraan umum yang lewat di sana apa aja? trims

  4. Hmmm…kendaraan umum yah…?? wah harus nyari tau dulu neh apa aj yg lewat dr jakarta. Kalo ga salah seh naik bis Kp Rambutan-Bogor turun di per3an sebelum jl Pemda…trus naek angkot warna biru arah cikaret (Kurang apal jalur brapa, maklum kesanany biasa naik motor ma sepeda aja)….ada yang tau ?

    • dari p3an sblm pemda kita bisa naik angkot 32…
      berhenti langsung d dpan situnya..

  5. Saya warga baru di Cibinong…
    Saya usul agar pemerintah Kab Bogor dapat menata kembali situ cikaret atau situ yg lain di wilayah Kab Bogor, usul saya setiap masyarakat yg akan memancing di situ tsb diwajibkan membayar, nantinya uang tsb dapat digunakan utk pemeliharaan situ atau untuk menyebar benih ikan yg baru…
    Semoga situ-situ yg berada di wilayah kab bogor tetap terpelihara dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berwisata alam…
    Kebiasaan buruk yg sering kita lakukan adalah seringnya mengajak anak-anak ke Mall di bandingkan ke tempat wisata alam…

    Salam kenal dari…
    Slamet Haryadi dan Keluarga
    Perumahan Cibinong Citi

  6. Aduh sering banget tuh ke setu cikaret apalagi kali pagi wah indah banget
    lam kenal ya dari orang bek ang nih

  7. gue dah lama nih ga main lagi kesana.udah ada perubahan apa aja disana……………..

  8. Situ Cikaret harus dikelola berkelanjutan , merupakan wisata kota yang harus dikembangkan di masa yang akan datang , peran serta masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten untuk melestarikannya sangat penting.

  9. Situ Cikaret harus dikelola berkelanjutan , merupakan wisata kota yang harus dikembangkan di masa yang akan datang , peran serta masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk melestarikannya sangat penting. Saat kedatangan Ibu Negara sangat bersih ,asri dan indah , semoga dapat dipertahankan kebersihan dan keindahannya. amin

  10. saya pernah ke situ cikaret…. pas saya laperrrrr….. dari kedai yg berjejer di spanjang situ cuma jualan mie ayam, mie ayam dan mie ayam….. kalo pengen makan nasi harus jalaaaaaaaaaaaaaaaan jaaauuuuuuuuhhh……. baru nemu nasi…. pemandangannya sih bagus tapi ya itu tadi, makanannya jadi bikin ilfil

  11. boleh memgkaji wisata di situ cikaret ini gak??
    karna rencananya saya ambil topik penelitian tentang ekowisata di situ.
    terima kasih

  12. mau profile lengkapnyahh!!!

  13. cikaret banyak jablay nya ga ?? wkwkwkwk…

    mau donk gw ?? jiakakaka…

    mail gw serius !!! hehehe…

  14. mang bnyk jblay?keliatannya biasa2 aja tuh?pa klo mlm doang adanya

  15. gue pUnya kenangan teRsendIri di seTU cIkaRet….

  16. Situ Cikaret Mang sanga mempesona ..Anginnya mang kaya dipantai ….suasananya adem ..trus masyarakatnya juga ngga usil …satu lagi makananna ada bebek goreng yg khas cibinong satu2nya distu yg paling mantap …cobain ya

  17. aku dulu pernah kerja deket banget kalow lihat setu et deh indah nya bukan main

  18. klu naik mobil pribadi ke cikaret lewat tol mana keluar tol mana???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: